Blog image

Berobat.co.id- Siapa yang tak ingin jiwa dan raganya sehat? Tentu saja tak ada, karena hampir semua manusia memiliki kebutuhan yang tinggi akan kesehatan. Namun ternyata, menikah dengan orang yang tepat juga bisa berdampak bagi kesehatan. Sebuah studi di Amerika menyatakan bahwa pasangan yang berbahagia dan jauh dari masalah rumah tangga memiliki riwayat kesehatan yang baik.

Penelitian ini dilakukan oleh American Psychological Association dengan melibatkan 1981 pasangan menikah usia 50-94 tahun. Dalam pubikasinya di jurnal Health Psychology, pasangan tersebut berbagi soal kebahagiaan, kesehatan, level aktivitas fisik mereka selama 6 tahun untuk kemudian dijadikan data oleh peneliti.

William Chopik, Asisten professor di Jurusan Psikologi Michigan State University, dan anggota penelitinya memiliki pemikiran hasil penelitian bahwa pasaangan yang berbahagia memiliki akan melakukan tiga hal berikut ini yang berpengaruh bagi kesehatan satu sama lain, yakni:

  • Pasangan yang bahagia, memiliki kemungkinan dukungan sosial yang tinggi seperti saling menjaga satu sama lain
  • Mereka akan mendukung apabila ada salah satu yang sedang tidak bahagia
  • Mereka akan senang ketika mampu membantu kehidupan orang lain manjadi lebih baik.

“Hal ini berkaitan dengan kekuatan sebuah hubungan (antar manusia)” Chopik dalam wawancara dengan The New York Times. Selama ini orang sudah memahami bahwa berada di sekeliling orang yang bahagia akan membuat kita juga berbahagia, namun ternyata selain bahagia hal tersebut juga membuat kita menjadi semakin sehat. (dan/ang)

Sumber :usnews.com

0 Komentar

Tinggalkan Komentar